cara membuat library codeigniter

  • cara membuat library codeigniter

cara membuat library codeigniter

Ketika kita menggunakan istilah “Libraries”, kita biasanya mengacu pada kelas-kelas yang ada di dalam direktori library dan dijelaskan dalam Class Reference dari buku petunjuk ini. Namun, dalam kasus ini, kami justru akan menjelaskan bagaimana Anda bisa membuat library codeigniter Anda sendiri di dalam direktori aplikasi / library codeigniter Anda untuk menjaga pemisahan antara sumber daya lokal dan sumber daya kerangka global Anda.

Sebagai bonus tambahan, CodeIgniter mengizinkan library codeigniter Anda untuk memperluas kelas asli jika Anda hanya perlu menambahkan beberapa fungsionalitas ke library codeigniter yang ada. Atau Anda bahkan bisa mengganti library codeigniter asli hanya dengan menempatkan versi yang dinamai di direktori aplikasi / library codeigniter Anda.

Kesimpulan:

Anda bisa membuat library codeigniter yang sama sekali baru.
Anda bisa memperpanjang library codeigniter asli.
Anda bisa mengganti library codeigniter asli.
Halaman di bawah menjelaskan tiga konsep ini secara rinci.

Penyimpanan

Kelas library codeigniter Anda harus ditempatkan di dalam direktori aplikasi / library codeigniter Anda, karena ini adalah tempat CodeIgniter akan mencarinya saat mereka diinisialisasi.

Konvensi Penamaan

Nama file harus dikapitalisasi. Sebagai contoh: Myclass.php
Deklarasi kelas harus dikapitalisasi. Sebagai contoh: class Myclass
Nama kelas dan nama file harus sesuai.

File Kelas

Kelas harus memiliki prototipe dasar ini:

Menggunakan Kelas Anda

Dari salah satu metode Controller Anda, Anda dapat menginisialisasi kelas Anda menggunakan standar

Dimana someclass adalah nama file, tanpa ekstensi file “.php”. Anda bisa mengirimkan nama file yang dikapitalisasi atau huruf kecil. CodeIgniter tidak peduli

Setelah dimuat Anda dapat mengakses kelas Anda menggunakan versi huruf kecil:

Baca Juga  :  cara menggunakan library codeigniter

Melewati Parameter Saat Menginisialisasi Kelas Anda
Dalam metode pemuatan library codeigniter Anda dapat secara dinamis melewatkan data sebagai array melalui parameter kedua dan akan dikirimkan ke konstruktor kelas Anda:

Jika Anda menggunakan fitur ini, Anda harus mengatur konstruktor kelas Anda agar mengharapkan data:

Anda juga bisa melewati parameter yang tersimpan dalam file konfigurasi. Cukup buat file konfigurasi yang dinamai identik dengan nama file kelas dan simpan di direktori aplikasi / config / Anda. Perhatikan bahwa jika Anda melewatkan parameter secara dinamis seperti yang dijelaskan di atas, opsi file konfigurasi tidak akan tersedia.

Menggunakan Sumber Daya CodeIgniter di dalam ibrary codeigniter Anda
Untuk mengakses sumber asli CodeIgniter di library codeigniter Anda gunakan metode get_instance (). Metode ini mengembalikan objek super CodeIgniter.

Biasanya dari dalam metode pengontrol Anda, Anda akan memanggil metode CodeIgniter yang tersedia dengan menggunakan $ konstruksi ini:

$this ,bagaimanapun, hanya bekerja secara langsung di dalam pengendali, model, atau tampilan Anda. Jika Anda ingin menggunakan kelas CodeIgniter dari dalam kelas kustom Anda sendiri, Anda dapat melakukannya sebagai berikut:

Baca Juga : tutorial grocery crud indonesia

Pertama, tetapkan objek CodeIgniter ke variabel:

Pertama, tetapkan objek CodeIgniter ke variabel:

Setelah Anda menetapkan objek ke variabel, Anda akan menggunakan variabel itu sebagai ganti $ this:

Namun, karena library codeigniter adalah kelas, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan sepenuhnya prinsip OOP. Jadi, agar bisa menggunakan object super CodeIgniter di semua metode kelas, Anda dianjurkan untuk menugaskannya ke properti sebagai gantinya:

Baca Juga : Cara membuat website booking tiket bus

Mengganti library codeigniter Asli dengan Versi Anda

Cukup dengan memberi nama file kelas Anda secara identik ke library codeigniter asli akan menyebabkan CodeIgniter menggunakannya sebagai pengganti yang asli. Untuk menggunakan fitur ini Anda harus memberi nama file dan deklarasi kelas sama persis dengan library codeigniter asli. Misalnya, untuk mengganti native Email library anda akan membuat file bernama application / libraries / Email.php, dan nyatakan kelas anda dengan:

Perhatikan bahwa sebagian besar kelas asli diawali dengan CI_.

Untuk me-load library codeigniter Anda, Anda akan melihat metode pemuatan standar:

Sampe disni dulu tutorial “cara membuat library codeigniter ” jika ada yang ingin di tanyakan silhkan komentar di bawah

Related Posts
Leave a reply