Memahami Bentuk URL Di CodeIgniter

 

ace admin

Secara default, codeigniter url di rancang untuk search engine, daripada menggunakan standar “Query String” pendekatan ke URL yang identik dengan sistem dinamis, codeigniter url melakukan pendekatan berbasis segmen. Contoh URL : cahya.com/baru/artikel/artikel_sayaCatatan : Query string dapat secara optional di aktifkan, seperti yang di jelaskan di bawah ini.

Segmen URL 

Segmen dalam url, dapat mengikuti alur Model – View – Controller, cahya.com/class/function/ID Segmen pertama adalah class controller yang harus di panggil.Segmen kedua adalah function class atau method yang harus di panggil.Segmen ketiga, ID adalah segmen tambahan yang mewakili ID dan setiapvariabel yang akan di lewatkan ke controller.Class URL dan URL helper mengadung fungsi yang membuatnya mudah untuk bekerja dengan data URL anda. Selain itu URL anda dapat di petakan menggunakan fitur Routing untuk lebih fleksibel.

Removing the index.php file

Secara default, file index.php akan di masukan kedalam URL anda. Contoh URL : cahya.com/index.php/baru/artikel/artikel_saya Anda dapat dengan mudah menghapus file index.php dengan menggunakan file htaccess. Dengan beberapa auran sederhana, Berikut adalah contoh dari file tersebut, dengan mengunakan “negatif” method di mana semuanya di arahkan keciali item tertentu. RewriteEngine on RewriteCond $1 !^(index\.php|images|robots\.txt) RewriteRule ^(.*)$ /index.php/$1 [L] Dalam contoh di atas, setiap permintaan HTTP selain untuk index.php, gambar dan robots.txt diperlakukan sebagai permintaan file index.php .

Adding a URL Suffix

Dalam config / config.php file yang dapat menentukan akhiran yang akan ditambahkan ke semua URL yang dihasilkan oleh CodeIgniter. Misalkan : cahya.com/index.php/materi/open/framework anda dapat menambahkan akhiran seperti html, membuat halaman tampak : cahya.com/index.php/materi/open/framework.html

 

 

Related Posts
Leave a reply