Tutorial android : Membuat notifikasi di android studio

  • Tutorial android : Membuat notifikasi di android studio

Tutorial android : Membuat notifikasi di android studio

notifikasi android

notifikasi android

notifikasi android adalah pesan yang dapat Anda tampilkan kepada pengguna di luar UI normal aplikasi Anda. Saat Anda memberitahukan sistem untuk mengeluarkan notifikasi, pertama kali muncul sebagai ikon di area notifikasi. Untuk melihat rincian notifikasi, pengguna membuka laci notifikasi android. Area notifikasi dan laci notifikasi android adalah area yang dikendalikan oleh sistem yang dapat dilihat pengguna setiap saat.

Kelas Toast Android menyediakan cara praktis untuk menampilkan lansiran pengguna namun masalahnya adalah lansiran ini tidak terus-menerus yang berarti peringatan berkedip di layar selama beberapa detik dan kemudian hilang.

Untuk melihat detil notifikasi, Anda harus memilih icon yang akan menampilkan laci notifikasi android yang memiliki detail tentang notifikasi. Saat bekerja dengan emulator dengan perangkat virtual, Anda harus mengklik dan menarik turun status bar untuk memperluasnya yang akan memberi Anda detail sebagai berikut. Ini hanya 64 dp dan disebut tampilan normal.

Bentuk yang diperluas dapat memiliki Big View yang memiliki detail tambahan tentang notifikasi. Anda dapat menambahkan hingga enam baris tambahan dalam notifikasi. Tayangan layar berikut menunjukkan notifikasi android tersebut.

Buat dan Kirim notifikasi android

Anda memiliki cara mudah untuk membuat notifikasi. Ikuti langkah-langkah berikut di aplikasi Anda untuk membuat notifikasi –

Langkah 1 – Buat Pembuat Notifikasi

Sebagai langkah awal adalah membuat pembuat notifikasi android menggunakan NotificationCompat.Builder.build (). Anda akan menggunakan Notification Builder untuk mengatur berbagai properti Notifikasi seperti ikon kecil, besar, judul, prioritas, dll.

Langkah 2 – Menetapkan Notification Properties

Begitu Anda memiliki objek Builder, Anda dapat menyetel properti Notifikasinya menggunakan objek Builder sesuai kebutuhan Anda. Tapi ini wajib untuk setidaknya set berikut –

Ikon kecil, yang ditetapkan oleh setSmallIcon ()

Judul, ditetapkan oleh setContentTitle ()

Detail teks, ditetapkan oleh setContentText ()

Anda memiliki banyak properti opsional yang dapat Anda tetapkan untuk notifikasi android Anda. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang mereka, lihat dokumentasi referensi untuk NotificationCompat.Builder.

Langkah 3 – Lampirkan Tindakan

Ini adalah bagian opsional dan diperlukan jika Anda ingin melampirkan tindakan dengan notifikasi android. Tindakan memungkinkan pengguna untuk langsung mengalihkan notifikasi android ke Aktivitas di aplikasi Anda, di mana mereka dapat melihat satu atau beberapa acara atau melakukan pekerjaan lebih lanjut.

Tindakan didefinisikan oleh PendingIntent yang berisi maksud yang memulai aktivitas dalam aplikasi Anda. Untuk mengaitkan PendingIntent dengan isyarat, hubungi metode NotifikasiCompat.Builder yang sesuai. Misalnya, jika Anda ingin memulai Aktivitas saat pengguna mengeklik teks notifikasi di laci notifikasi android, Anda menambahkan PendingIntent dengan memanggil setContentIntent ().

Objek PendingIntent membantu Anda melakukan tindakan atas nama aplikasi Anda, seringkali di lain waktu, tanpa peduli apakah aplikasi Anda berjalan atau tidak.

Kami mengambil bantuan dari stack builder object yang akan berisi back stack buatan untuk memulai Activity. Ini memastikan bahwa menavigasi ke belakang dari Aktivitas mengarah keluar dari aplikasi Anda ke layar Utama.

Langkah 4 – Masalahkan notifikasi

Akhirnya, Anda melewati objek Notifikasi ke sistem dengan menghubungi NotificationManager.notify () untuk mengirim notifikasi Anda. Pastikan Anda memanggil metode NotificationCompat.Builder.build () pada objek pembangun sebelum memberitahukannya. Metode ini menggabungkan semua opsi yang telah ditetapkan dan mengembalikan objek Notifikasi baru.

Kelas NotificationCompat.Builder

Kelas NotificationCompat.Builder memungkinkan kontrol lebih mudah terhadap semua flag, dan juga membantu membangun layout notifikasi yang khas. Berikut adalah beberapa metode penting dan paling sering digunakan yang tersedia sebagai bagian dari kelas NotificationCompat.Builder.

Contoh
Contoh berikut menunjukkan fungsionalitas notifikasi Android menggunakan NotificationCompat.Builder Class yang telah diperkenalkan di Android 4.1.
Berikut adalah isi file aktivitas utama yang dimodifikasi src / com.example.notificationdemo / MainActivity.java. File ini dapat mencakup masing-masing metode siklus hidup yang mendasar.

Baca Juga : Membuat login android dengan php mysql 

Berikut akan isi file res / layout / notification.xml –

Berikut adalah konten dari file aktivitas utama yang dimodifikasi src / com.example.notificationdemo / NotificationView.java.

Berikut akan menjadi konten file res / layout / activity_main.xml

Berikut akan isi res / values ​​/ strings.xml untuk mendefinisikan dua konstanta baru –

Berikut adalah konten default AndroidManifest.xml

Sekian “Tutorial android : membuat notifikasi di android ” semoga bisa bermanfaat jika ada yang ingin bertanya silahkan koment di bawah ini

Related Posts
Comments ( 7 )
  1. didin
    October 10, 2017 at 10:37 am
    Reply

    min KALO PAKE ECLIPSE BISA GA ?

    • Fahmi Rizky
      October 11, 2017 at 8:26 am
      Reply

      bisa saja ,cuma perlu sedikit perubahan aja

  2. bambang
    October 25, 2017 at 2:53 pm
    Reply

    siang mas. bisa minta emailnya karena ada beberapa hal yang ingin saya bicarakan. terimakasih.

  3. Dwi
    November 18, 2017 at 12:05 am
    Reply

    min, kalau kalau notifikasinya diberlakukan ketika database update gimana ya? misal ada data masuk di mysql, secara otomatis aplikasi akan menampilkan notifikasi, itu gimana ya caranya?
    mohon bantuannya..
    terima kasih

    • Fahmi Rizky
      November 27, 2017 at 8:22 am
      Reply

      untuk notifikasi ada 2 cara bisa buat log sendiri untuk setiap aktivitas,atau menggunaka plugin namanya https://pusher.com

  4. Eko Prasetyo
    October 8, 2018 at 1:53 pm
    Reply

    MAS BOLEH MINTA SOURCE CODE NYA

Leave a reply